Kamis, 16 Februari 2012

IBD [Tugas Softskill 2]


TUGAS INDIVIDU
PERAN KEBUDAYAAN UNTUK MEMPERKOKOH KETAHANAN BUDAYA NASIONAL
ILMU BUDAYA DASAR




Oleh
RAUSYAN FIKRI
15511914


JURUSAN PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2011




KATA PENGANTAR
Banyak terimakasih saya panjatkan kepada Tuhan yang maha esa Allah SWT, yang telah mengizinkan makalai ini selesai tepat pada waktuya. Dan kepada seluruh pihak yang mendukung dan membantu saya dalam pembuatan makalah yang berjudul “peran kebudayaan untuk memperkokoh ketahanan budaya nasional”.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi persyaratan nilai Ilmu Budaya Dasar pada tingkat 1 jurusan Psikologi Universitas Gunadarma. Saya menyadari bahwa makalah ini tentu sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu segala saran dan kritik akan menjadi masukan yang berharga untuk kesempurnaan makalah ini.
Terakhir saya berharap makalah ini sesuai dengan persyaratan dan memberikan manfaat kepada dosen pengampu dan seluruh pembaca.

Depok, Januari 2012
Penulis













DAFTAR ISI
 KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………...2
DAFTAR ISI……………….……………………………………………………………......….…3
ABSTRAKSI ..................................................................................................................................4
BAB.1. PENDAHULUAN
Latar Belakang……………………………………………………………...………………………4
Rumusan Masalah ………………………………………………………………………………….4
Tujuan………………………………………………………………………………………………4
BAB.2. ISI DAN PEMBAHASAN
1. Isi dan Pembahasan………………………………………………………………………………5
BAB.3. PENUTUP
1.       Kesimpulan……………………………………………………………………………………..6
2.       Saran……………………………………………………………………………………..……..6
DAFTAR PUSTAKA












ABSTRAKSI
Makalah yang penulis buat mengenai Peran Kebudayaan untuk Memperkokoh Ketahanan Budaya Nasional. Makalah ini dilatarbelakangi oleh tugas yang diberikan oleh dosen pengampu dengan tema kebudayaan untuk memperkokoh ketahanan budaya nasional. Penulis juga ingin menuliskan bagaimana dan sejauh mana kebudayaan berperan dalam memperkokoh ketahanan budaya nasional. Dan kesimpulan yang diambil adalah perlu diadakan analisa tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan dari budaya tersebut untuk mengetahui peranan kebudayaan dalam memperkokoh ketahanan budaya nasional.   Bahwa ketahanan nasional sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang berperan didalam kekokohan dan keutuhan suatu bangsa. Jangan mudah menyerahkan kebudayaan untuk ke arah kenegatifan karena akan menghancurkan  ketahanan nasional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia
BAB I
PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang
Kebudayaan  adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
Ketahanan budaya merupakan kondisi dinamis suatu masyarakat, berisi keuletan dan ketangguhan, yang mengandung kemampuan mengambangkan kekuatan masyarakat, dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar, yang langsung maupun yang tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup masyarakat dalam perjuangan mengejar tujuannya.Hubungan Kebudayaan dan Kepribadian Menurut Roucek dan Warren, kepribadian adalah organisasi faktor-faktor biologis, psikologis dan sosiologis yang mendasari perilaku individu. Faktor biologis misalnya, sistem syaraf, proses pendewasaan, dan kelainan biologis lainnya, sedangkan faktor psikologis adalah seperti unsur temperamen, kemampuan belajar, perasaan, keterampilan, keinginan dan lain-lain. Dan yang terakhir, adalah faktor sosiologis.
I.II Rumusan Masalah
Apa peran kebudayaan untuk memperkokoh ketahanan budaya nasional?
I.III Tujuan
Mengetahui peran kebudayaan untuk memperkokoh ketahanan budaya nasional
BAB II
ISI DAN PEMBAHASAN
untuk mengetahui peranan  kebudayaan untuk memperkokoh budaya nasional dibutuhan analisa SWOT, yaitu analisa untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan budaya tersebut.
Analisa ini terbagi atas empat komponen dasar yaitu :
1. S = Strength (kekuatan), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.
2. W = Weakness (kelemahan),adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
3. O = Opportunity (kesempatan), adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang di luar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi di masa depan.
4. T =Threat (ancaman), adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi di masa depan.

Kekuatan (Strength)
 Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beranekaragam. Setiap daerah di Indonesia memilki ciri khas budayanya masing-masing,karena Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau sehingga mnejadi daya tariktersendiri bagi para turis asing. Keunikan budaya Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Contohnyaseperti rumah adat, pakaian adat, tarian daerah.

Kelemahan(Weakness)
 Kurangnya kesadaran masayarakat untuk melestarikan budaya daerah masing-masing, sehingga banyak budaya daerah yang tidak dikenal oleh masyarakatnyadaerahnya sendiri. Kurangnya minat untuk mempelajari atau mengenal budaya daerah masyarakat. Adanya pengaruh dari budaya asing yang lebih diterima oleh masyarakatdibandingkan budayanya sendiri. Seringnya terjadi perpecahan antarsuku karena kurangnya komunikasiantarbudaya.

 Peluang (Opportunity)
 Menjadi negara yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing sehingga menambah devisa negara. Dapat mengembangkan hasil-hasil kerajinan tangan yang dimiliki oleh tiapdaerah. Kebudayaan dijadikan salah satu pemersatu.

Tantangan/Hambatan (Threats)
Masuknya budaya asing sehingga menghilangkan kebudayaan daerah itu sendiri. Kurangnya minat masyarakat untuk mengenal budaya daerahnya sendiri- Kurangnya sosialisasi dari pemerintah sehinnga banyak kebudayaan Indonesia yang dicuri oleh negara lain- Akibat adanya kemajuan teknologi, kebudayaan daerah mulai ditinggalkan olehmasyarakat.


BAB III
PENUTUP
I.                   KESIMPULAN
Perlu diadakan analisa tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan dari budaya tersebut untuk mengetahui peranan kebudayaan dalam memperkokoh ketahanan budaya nasional.
Bahwa ketahanan nasional sangat dipengaruhi oleh kebudayaan yang berperan didalam kekokohan dan keutuhan suatu bangsa. Jangan mudah menyerahkan kebudayaan untuk ke arah kenegatifan karena akan menghancurkan  ketahanan nasional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia
Saran
cetaklah generasi yang mampu untuk memperkokoh kebudayaan bangsa.





DAFTAR PUSTAKA
Wibisono, Agus. 28 Januari 2010. "Analisis SWOT".www.aguswibisono.com 

Wikipedia. 19 November 2011. "Analisis SWOT".www.wikipedia.org 

iast. 24 September 2011. "Budaya sebagai Kekuatan Pariwisata Indonesia".www.wisatapesisir.com 




0 komentar:

Posting Komentar