Senin, 12 November 2012

Cara dan Tips Mengamankan Keamanan PC


Keamanan komputer kerapkali mendapatkan perhatian bagi sebagian besar pengguna gadget. Bagi kita yang perduli terhadap komputer dan ingin selalu terhidar dari gangguan kerusakan, biasanya kita rela untuk mencari tahu bagaimana caranya agar tidak ada satupun virus atau gangguan yang mengancam masuk kedalam gadget kita, meskipun protect semacam itu agak sulit. Apakah kita selalu melakukan scanner  ketika flashdisk mencolok di laptop kita ? nah itu merupakan salah satu perilaku yang didalamnya memiliki tujuan, kalau kita tidak mau PC kita dirusak oleh gangguan gangguan virus.
Dalam pembahasan kali ini, kita akan diberikan beberapa saran untuk mengamankan personal computer anda dari berbagai macam gangguan. Agar dapat mengamankan sistem komputer dengan benar, maka kita harus tahu karakteristik penganggu yang akan mendatangi sisten komputer kita. Misalnya keamanan pada perangkat keras (Hardware) bisa di bobol dengan pencurian, keamanan perangkat lunak (Software) bisa dilenyapkan oleh serangan virus dan perangkat manusia (Brainware) bisa diduplikasi melalui pembajakan tenaga kerja.
Berikut adalah pengamanan PC anda yang simple namun belum banyak diketahui oleh sebagian besar orang. Diantaranya :

1.                   Membuat Pasword di File Word
Tak menutup kemungkinan jika PC kita dipakai oleh beberapa orang. Contoh yang paling sederhananya seorang teman yang memiinjam PC kita. Dan tidak menutup kemungkinan juga kalau seorang teman yang iseng membaca file penting kita atau file curhat kita. Oleh karenanya saya memberikan beberapa cara untuk memngunci file word kita dengan pasword yang hanya kita ketahui.
1.       Seperti biasa jika ingin melakukan penyimpanan, klik “File” kemudian Pilih “Save as”
2.       Kemudin lihat bagian kanan atas dan klik  “Tools” ,


3.       selanjutnya pilih “General Options”
4.       dan ikuti langkahnya seperti yang di bawah ini.
5.       maka sebelum kita membuka file yang telah kita beri pasword, akan muncul seperti ini, dan file anda, aman terkendali J


2.            Pemberian kata sandi / password
Biasanya setiap user / account harus diberikan kata sandi atau password dan sering kali password dilakukan dengan cara mengetik pada keyboard, hal ini merupakan sekuriti paling lemah karena mudah disadap oleh orang lain dan mudah dilihat apa yang ketik oleh orang pada keyboard .
Solusinya :
Password tidak harus diketik melalui keyboard karena ada cara lain untuk menggantikan pengetikan di keyboard contohnya ;
Password dapat dengan menggunakan
a.            Sinyal suara : Pada awalnya semua suara kita direkam terlebih dahulu  dan diproses lalu hasilnya disimpan
b.            Sidik jari / telapak tangan : Pada awalnya sidik jari atau telapak tangan di scan dan Diproses lalu hasilnya disimpan
c.             Retina mata : Pada awalnya mata kita direkam pola retinanya dan diproses lalu hasilnya disimpan
d.            Tanda tangan : Dilihat dari penekanan pada waktu tanda tangan
e.            Wajah : Pada awalnya wajah direkam terlebih dahulu dan diproses lalu hasilnya disimpan
f.             Kartu magnetik : Dapat menyimpan data pada magnetic stripe
g.            Bar code : Berupa garis-garis, ini sering kali dipergunakan pada barang-barang yang dijual
h.            Kartu Chip : Biasanya dipergunakan sebagai ATM Bank, Kartu Telpon, dll
i.              Micro chip : Dapat menyimpan identitas manusia dan (Rencananya) akan ditanam dalam tubuh manusia.

3.            Pencegahan Sederhana Agar Komputer Terhindar Virus
a.            Hati-hati pada Attachment Email Anda, Jangan membuka file attachment pada email yang anda terima walaupun dari orang yang anda kenal jika attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dan lain sebagainya. Baca dengan teliti email yang dikirim, apakah gaya e-mail sama dengan yang biasa dikirim. Terkadang email yang anda terima berasal dari orang sunda, tapi menggunakan bahasa inggris, rusia, cina, dll pada emailnya.
b.            Jangan Gegabah Menginstall Software, Hati-hati terhadap software yang anda isntall baik yang anda beli dari cd bajakan di toko-toko cd, dari download di internet, dari teman, dan lain sebagainya. Virus maupun bisa saja bersembunyi pada program yang anda pasang tanpa anda sadari. Biasakanlah untuk membackup semua file penting anda secara berkala pada flash drive, cd atau dvd agar bila terjadi sesuatu hal yang fatal anda tidak akan kehilangan data anda
c.             Awasi User / Orang Lain Yang Memakai Komputer Anda, Jika komputer anda dipakai oleh orang lain, pastikan dia tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan komputer anda. Anda dapat membuat account khusus untuk tamu / guest dengan batasan-batasan tertentu yang anda dapat seting sendiri. Seseorang yang mungkin tidak anda duga bisa saja menginstall program, mencolokkan usb atau memasukkan disket yang mengandung virus atau spyware. Bahkan bisa juga memasang dengan sengaja software mata-mata untuk merekam segala aktifitas anda dan password yang biasa anda gunakan.

4. Pasword Untuk Windows 7
Jika anda sebelumnya tidak mempunyai password untuk Windows 7 anda, membuat password untuk Windows XP anda hanya memerlukan waktu yang singkat dan langkah yang sederhana. Langkah berikut adalah cara mudah untuk membuat password bagi Windows 7.
a.       Klik Start Menu kemudian klik Control Panel
b.      Pada jendela Control Panel kemudian Klik link User Account
c.       Pada jendela “Change your pasword”
d.      Kemudian anda masukkan password untuk Windows 7 anda sebanyak dua kali. Langkah ini dilakukan biar anda memasukkan password anda dengan benar.
e.      Untuk “Password Hint” anda bisa mengisinya atau membiarkannya kosong. Tujuannya dari password hint, anda untuk memberikan clue atau pengingat bagi password anda.
f.        Bila semua sudah terisi dengan benar klik “Create Password”
g.       Setelah selesai kini anda bisa menutup jendela User Account dan Control Panel.
Oke cukup sekian dulu tips dan cara sederhana untuk menjaga dan mengamankan PC kita. Semoga bermanfaat J
Referensi :



0 komentar:

Posting Komentar